Selasa, 12 Oktober 2010

TUGAS PENGANTAR BISNIS II

BAB II
Lingkungan Perusahaan

Pengertian Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.sedangkan arti lingkungan secara luas mencangkup semua factor ekstern yang mempengaruhi individu,perusahaan,dan masyarakat.faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya,masing-masing factor saling menunjang dan mempengaruhi.
Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan,dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut.
Dalam masyarakat prularistik terdapat banyak pusat kekuatan masing-masing bersifat mandiri.hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi melalui kompromi,bukannya dengan paksaan.dalam hal ini pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan negatif tentang perusahaan

Banyak maslah yang menyebabkan kesan negative tentang perusahaan antara lain, menyangkut penyelewengan pajak,penyelundupan barang,penyogokan kepada pejabat pemerintah,periklanan yang menipu,kebocoran pabrik yang berbahaya,dll.

Usaha-usaha untuk memperbaiki kesan negatif

Usaha untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negative dari masyarakat terhadap perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negative serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif.

Lingkungan fisik,energi dan konservasi

Dari masalah-masalah ekonomi dan social,salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.

• Ekologi
Adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan anatar manusia dengan lingkungannya.tiga factor yang menyebabkan turunnya kualitas lingkungan antara lain:
 Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
 Perkembangan teknologi baru
 Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
Tujuan-tujuan ekologis memang sangat penting,teteapi persoalan riilnya adalah menyangkut apakah tujuan-tujuan tersebut dapat dikoordinir dengan tujuan social dan tujuan ekonomi lainnya.

• Macam-macam polusi
Polusi merupakan perusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja.masing-masing jenis polusi ini menjadi ancaman bagi lingkunagn yang sehat.
 Pencemaran udara :
 Pencemaran air
 Pencemaran sampah awet
.
• Energi dan konservasi
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air,dan akhir-akhir ini sudah mulai dikembangkan penggunaan sumber tenaga matahari serta kemungkinan pengunaan tenaga nuklirmdari sumber energi tersebut kiranya energi matahari dapat memberikan prospek pengunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada,biaya murah dan bebas polusi.

Lingkungan perekonomian dan perpajakan

• Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran pemerintah.

Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak,alalasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat.meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi.alasan yan mendorong penduduk pindah kekota antara lain keinginan untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi,di samping itu banyak pusat-pusta industri yang memberikan lapangan pekerjaan,juga derah pasaran yang baik bagi hasil pasaran industri-industri tersebut.kehidupan kota seperti ini,menimbulkan masalah baru,yaitu:perlindungan kebakaran,pengaturan selokan,pengadaan air minum,dsb.masalah-masalah lain yan perlu mendapat perhatian antara lain adalah masalah kesehatan,pendidikan dan transportasi.
Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar.pemerintah perlu menyediakan kebutuhan pokok mereka dengan usaha-usaha peningkatkan produksi dalam negri.

• Penerimaan dan pengeluaran pemerintah

Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya maka akan terjadi deficit.untuk menutup deficit ini dapatlah dilakukan peminjaman kepada bank-bank.jumlah uang yang dipinjam dengan cara ini disebut utang Negara.
Tidak semua pajak yang dipungut oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan penghsilan.ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah,antara lain:
 Pajak tidak langsung
Besarnya pajak ini ditambahkan pada harga barang tersebut pada saat dijual kepada masyarakat,pajak tersebut dinamakan pajak penjualan (PPn).macam pajak lain yang termaksud pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor,cukai,bea masuk,pajak ekspor,dsb.
 Pajak langsung
Pajak kekayaan adalah termaksud pajak langsung langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayar pajak.macam pajak lain yang dapt digolongkan sebagai pajak langsung ini adalah pajak pendapatan (ppd),pajak perseroan (PPs),pajak deviden.
Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :
1. penerimaan dalam negri
2. penerimaan pembangunan.
Sedangkan seluruh pengeluaran pemerintah dapat dikelompokkan kedalam:
1. pengeluaran rutin.
2. pengeluaran pembangunan.
pembiayaan pembangunan sektoral yang antara lain meliputi sector-sektor pertanian,pengairan,industri,dan pertambangan ,tenaga listrik,perhubungan dan pariwisata.

Lingkungan hukum

Kebiasaan-kebiasaan Tradisi,peraturan,konstitusi dan keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari system hukum yang berlaku.Hukum yang ada di Indonesia dapat dikelompokkan kedalam :
1. Hukum Publik
Hukum ini mengatur masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum.pengertian umum disini meliputi seseorang,sekelompok orang,masyarakat dan Negara.aturan-aturan yang dapat dimasukkan sebagai hokum publiuk adalah hokum tata Negara,hokum tata usaha dan hokum pidana.
2. Hukum privat
Hukum privat merupakan hokum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompokj-kelompok dalam masyarakat.termaksud dalam hokum privat adalah hokum perdata dan hokum dagang.
Kedua macam hukum tersebut,hukum public dan hukum privat tercakup dalam suatu rangka dasar tata hukum Indonesia yaitu undang-undang dasar Negara 1945.

Lingkungan pemerintahan

Hubungan antara perusahaan dan pemerintahan telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang ditujukan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten serta pengadaan kontrak-kontrak.disini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing-masing sector dalam perekonomian.

• Perhatian pemerintah terhadap kegiatan usaha

Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan;pengadaan kontrak dan pemberian paten.keuntungan-keuntungan ekonomi juga merupakan alas an bagi pemerintah untuk memberikan bantuan,disamping alasan keamanan dan alasan-alasan lain.pemerintah juga membantu perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen.
• Bantuan di bidang transportasi
Tidak sedikit bantuan pemerintah di bidang transportasi.hanpir di setiap sector pengangkutan,pemerintah banyak memegang peranan pada sector perkereta-apian.
• Bantuan pada perusahaan-perusahaan kecil
Bantuan kepada perusahaan kecil digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :
 Bantuan financial.
 Bantuan pemberian kontrak
 Bantuan teknik dan manajemen

• Bantuan dibidang komunikasi meliputi siaran-siaran di radio,televise,dsb.hampir seluruhnya dikuasai dan diatur oleh pemerintah.bidang komunikasi ini juga didukung oleh pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit.



Lingkungan international

Lingkungan international ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia,keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah international.
• Neraca pembayaran international
Keadaan perekonomian international beberapa Negara ditunjukkan dalam neraca pembayarannya.
• Perusahaan-perusahaan multinational (multinational corporation)
Perusahaan multinational kebanyakan berasal sari Negara-negara eropa,amerika,dan jepang.pasar yang dikuasianya meliputi beberapa Negara selain Negara kita sendiri.
• Kegiatan-kegiatan multinational
Perusahaan-perusahaan multinational bertujuan untuk memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara saja,tetapi juga ke Negara lain.kemudian mendirikan perusahaan perakitan/assembling di Negara yang kedua untuk melayani kebutuhan di samping Negara ketiga yang ada disekitarnya.
Masuknya perusahaan multinational ke Indonesia ini didasarkan pada undang-undang nomer 1 tahun 1967 yang kemudian disempurnakan dengan undang-undang nomer 11 tahun 1970 tentang penanaman modal asi (PMA).
• Ciri-ciri perusahaan multinational
Perusahaan multinational sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan manufaktur / pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.
• Kebaikan dan keburukan perusahaan multinational
Kebaikan keburukan
• Menambah devisa negara • Mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara
• Memorderenisir industri • Keuntungan dialihkan ke luar negeri
• Ikut mendukung pembangunan nasional • Adanya penyembunyian keuntungan
• Menambah kesempatan kerja • Bahan baku didatangkan dari luar negri


• Lembaga-lembaga yang membantu perdagangan international
Perantara ini disebut middlemen,dibedakan ke dalam empat golongan.
a. Export and import commission house : merupakan wakil-wakil dari pembeli.export commission house menerima pesanan dari pembeli diluar negri kemudian memenuhi pesana tsb.
b. Merchant exporters and importers :merchant importers dan exporters memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan,jadi bukannya komisi.
c. Manufacturer’s export agents : bertindak sebagai departemen/bagian ekspor dari sebuah perusahaan.hubungan mereka dengan perusahaan biasanya bersifat permanent.
d. Export and import brokers : makelar ( broker) dalam kegiatan ekspor dan impor berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama.atas jerih payahnya mereka mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi.

• Perkembangan ekspor dan impor di Indonesia
Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digolongkan kedalam dua kelompok,yakni barang-barang selain migas dan migas.
Barang yang termaksud kategori bukan minyak dikelompokkan lagi menjadi :
a. Golongan barang utama.
b. Golongan barang lain
Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan barang,yakni:
a. Barang konsumsi
b. Barang baku dan penolong
c. Barang modal

1 komentar:

  1. Jamboree Casino, Johannesburg - KTH
    Jamboree 파주 출장마사지 Casino is the destination for 고양 출장마사지 all 청주 출장안마 you big fans of entertainment, 속초 출장샵 sports 경상북도 출장안마 and poker, plus a quick check out of the new book, Jamboree Casino

    BalasHapus